Secara mendasar kincir air memiliki fungsi sebagai penyuplai oksigen di dalam kolam atau tambak. Tambak udang sebagai suatu ekosistem perairan buatan dan bersifat tertutup sangat membutuhkan perlakuan teknis budidaya yang dapat menstimulasi proses-proses fisika, kimia dan biologi menuju keseimbangan ekosistem perairan tersebut.



http://olx.co.id/iklan/kincir-air-tambak-kolam-untuk-udang-ikan-murah-ID8GjXt.html

Kincir air atau biasa sering disebut juga dengan Aerosol merupakan salah satu peralatan yang sangat penting bagi para pelaku pembudidaya ikan/udang di tambak yang berfungsi untuk menggerakkan air dan menghasilkan oksigen.
 
Keberadaan kincir air didalam tambak diharapkan dapat membantu dan mengantisipasi terjadinya kekurangan oksigen serta mengantisipasi terjadinya perbedaan yang cukup menyolok antar lapisan air tambak.

Fungsi dan Peran kincir air pada tambak antara lain :


  • Sebagai Penyuplai Oksigen Di dalam Tambak 
Oksigen di dalam perairan tambak diperlukan tidak hanya dalam proses respirasi (pernapasan) tapi juga dibutuhkan dalam proses-proses fisika, kimia dan biologi yang terjadi di dalam perairan tersebut.



  • Membantu Proses Percampuran Antara Air Lapisan Bawah dan Atas
Perairan tambak jika dalam kondisi diam akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara lapisan atas dan lapisan bawah. Pengoperasian kincir diharapkan dapat membantu mengantisipasi terjadinya perbedaan yang cukup menyolok antar lapisan air tambak, sehingga kualitas air yang dihasilkan relative sama antar lapisan air tambak.
  •  Membantu Dalam Proses Pemupukan Air
Pengoperasian kincir diharapkan dapat membantu proses penyebaran pupuk secara merata di dalam perairan tambak sekaligus menstimulasi pertumbuhan plankton melalui oksigen yang dihasilkannya.


  •  Membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dasar tambak
Membantu dalam mengarahkan kotoran dasar tambak ke arah sentral pembuangan, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan dasar tambak. Fungsi kincir air terkait hal ini sangat erat hubungannya dengan tata letak kincir di dalam tambak.


  •  Menstabilkan Kualitas Air
Pada saat pengoperasian kincir air, putaran-putaran air yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat kestabilan kualitas air di dalam tambak.

Begitulah kira-kira fungsi dan peran penting dari kincir air untuk kesehatan ikan & udang beserta tambak yang kita miliki.